Bogor Sjb – Pemerintah Desa Buanajaya, Kecamatan Tanjungsari Kabupaten Bogor, memanfaatkan bantuan keuangan (Bankeu) APBD Kab. Bogor tahap 1 TA 2024 untuk pembangunan pengerasan jalan dan Turap Penahan Tanah (TPT) Berlokasi di Kp. Cibogo Rt 005/008, untuk pengerasan jalan Volume 291m x L.2,5m x T0,20m. Sedangkan untuk volume TPT P.208m x L.0,70m x T.0,30m, untuk sistem pengerjaanya melalui TPK dan Masyarakat.
Sudarjat Kepala Desa Buanajaya, saat di konfirmasi awak media ia mengatakan, untuk pembangunan pengerasan dan TPT ini Kami bangun dengan tujuan untuk memperkokoh akses jalan supaya tidak ada penggerusan. Selain itu juga untuk mempermudah akses perekonomian warga setempat, ungkapnya. Rabu (25/09/24).
Ia berharap dengan adanya pembangunan pengerasan jalan dan TPT itu agar masyarakat selalu bersyukur karena dalam merealisasikan bantuan keuangan itu tetap fokus pada infrastruktur karena jalan yang dulunya becek dan tergerus sekarang menjadi rapi dan bisa dilewati dengan mudah. “Ini juga seolah untuk mencapai tujuan mensejahterakan masyarakat. Oleh sebab itulah Kami selaku Kepala Desa Buanajaya manfaatkan bantuan keuangan ini di peruntukan dengan maksimal, ini semua untuk kepentingan masyarakat,” Tambahnya.
Selain berfungsi untuk pengeras jalan TPT juga berfungsi untuk penahan tanah dari ancaman longsor, TPT juga memiliki fungsi sebagai penunjang jalan yang berada diatasnya agar tidak amblas sewaktu-waktu. Terlebih lagi jalan tersebut memiliki fungsi yang sangat vital bagi warga sekitar dalam menjalani aktivitas sehari-hari.Lebih lanjut dikatakan, satu persatu rencana pembangunan fisik maupun non fisik yang telah dimusyawarahkan dan disepakati bersama antara Pemerintahan Desa, TPK, BPD, LPMD, RT, RW, dan tokoh masyarakat yang telah dituangkan dalam APBDesa ataupun RKPJM Desa yang terlaksana sesuai jadwal yang sudah ditentukan.
Semoga setiap tahunya tiap-tiap dusun dapat pengerjaan fisik supaya tidak terjadi penggerusan tanah. “Karena dengan dibangunnya TPT ini jalan menuju pemukiman masyarakat jadi bagus dan mempermudah akses warga,” pungkas Kades.
(Dodi P)